Selasa, 23 Desember 2014

Contoh Kasus Fraud Auditing Perusahaan Multilateral



Yang spesifik tentang penipuan pembayaran pada tahun 2013 – bersama dengan banyak rincian pembayaran lainnya – baru-baru ini dirilis di the Association for Financial Professional’s (AFP) annual Payments and Fraud Survey.
AFP mensurvei 5.600 anggota praktisi perusahaan pada Januari 2014 dengan total 449 tanggapan. Eksekutif yang menjawab termasuk mereka dengan jabatan manajer keuangan, analis, atau direktur. Ini adalah tahun kesepuluh bahwa AFP melakukan survei tentang penipuan, dan sementara hasilnya menunjukkan sedikit penurunan dalam penipuan pembayaran perusahaan dibandingkan dengan tahun 2013, terjadi peningkatan dalam penipuan khususnya untuk kartu kredit dan debit dalam rentang waktu yang sama.
Namun, 82 persen dari format pembayaran yang ditargetkan oleh penjahat berada dalam bentuk cek. Secara khusus, metode penipuan cek yang paling umum – dengan 62 persen responden survei mengutip sebagai masalah utama – adalah “. Pemalsuan dengan mengubah garis MICR di cek” Dalam hal kredit dan penipuan kartu debit, ada peningkatan 14 persen dari 2013, AFP melaporkan.
Menurut Nancy McDonnell, JP Morgan Commercial Banking Sales Executive, survei penipuan AFP adalah alat penting untuk industri pembayaran “dan tidak boleh dianggap remeh.”
“Pengetahuan tentang pembayaran saat ini adalah praktek penipuan dan tindakan pencegahan membantu perusahaan menerapkan produk dan proses yang mereka butuhkan untuk melindungi aset perusahaan mereka,” McDonnell menjelaskan dalam sebuah siaran pers AFP.
kata kunci yang paling penting dari survei ini adalah bahwa dengan pelanggaran keamanan menjadi lebih umum, 63 persen organisasi telah mengadopsi langkah-langkah keamanan baik tambahan atau berencana untuk melakukannya dalam waktu dekat. Langkah-langkah ini kemungkinan akan mencakup perangko aman tanda tangan, tanda tangan elektronik, data pembayaran disimpan dengan vendor pihak ketiga dan peningkatan lapisan keamanan.
Survei AFP juga menemukan bahwa kerugian finansial yang khas dialami oleh perusahaan akibat penipuan pembayaran tahun lalu adalah berkisar $ 23.100.
Ke depan meskipun, responden survei optimis bahwa langkah-langkah pencegahan akan mampu mengimbangi – jika tidak berada di depan – penipu. Sebagai contoh, 72 persen dari mereka yang disurvei mengharapkan beralih ke kartu chip EMV akan menghasilkan “beberapa pengurangan” dalam penipuan, sedangkan 20 persen percaya akan menyamakan dengan “pengurangan besar.”
AFP Presiden dan CEO Jim Kaitz mengatakan dalam siaran pers perusahaan yang penjahat akan selalu mencoba dan tinggal selangkah di depan.
“Tapi dengan potensi kewajiban yang meningkat untuk pedagang, perusahaan yang konsen dengan melihat kelemahan di mana kerentanan mereka sendiri,” kata Kaitz. “Hal ini terutama penting bagi perusahaan besar dengan sistem yang kompleks, yang sering menjadi sasaran untuk penipuan.”
Ada dua kategori besar dari fraud. Yang pertama top level fraud dan yang kedua lower level fraud. Pemisahan ini didasarkan pada pelaku fraud itu. Fraud jenis pertama biasanya dilakukan oleh top management melalui salah saji laporan keuangan dengan tujuan memberi gambaran kepada pihak eksternal mengenai kondisi perusahaan (tentunya gambaran sesuai dengan yang diharapkan oleh management). Fraud tipe ini harusnya dapat dideteksi oleh eksternal auditor.
Fraud tipe kedua biasanya dilakukan oleh lower management melalui penyalahgunaan asset (cash, bank, inventories, etc). Tujuan dari fraud ini adalah untuk keuntungan pribadi. Fraud tipe ini dapat dideteksi oleh internal audit.
Fungsi internal audit akan lebih efektif jika berada tepat di bawah top management atau di atas top management (komite audit), bukannya berada di bawah suatu fungsi/departement tertentu. karena internal audit memastikan bahwa middle dan lower management comply dengan peraturan yang disusun oleh top management dan mendapatkan keyakinan yang memadai bahwa internal control berjalan dengan baik dan tidak terjadi fraud. Jika posisi internal audit demikian, seharusnya fungsi ini dapat mendeteksi fraud. Jika masih belum terdeteksi, ada dua penyebab. Yang pertama strategi auditnya yang tidak mampu mendeteksi fraud, dan yang kedua mental auditornya yang kurang independen.

Analisis dalam kasus tersebut adalah :
Salah satu tugas internal auditor adalah melakukan review atas kecukupan internal control yang dibangun oleh manajemen dengan ruang lingkup, sehingga internal auditor tidak hanya menangkap tapi juga melakukan deteksi sinyal-sinyal fraud, dapat diingat Sistem yang dibangun oleh manusia seperti keju swiss selalu ada celah-celah yang sengaja atau tidak sengaja dimanfaatkan untuk terjadinya fraud, oleh sebab itu dibuatkan sistem yang berlapis.

Sumber :
https://dwiermayanti.wordpress.com/2010/03/22/audit-kecurangan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar