Rabu, 15 Mei 2013

Sarapan itu Penting

Risiko mengabaikan sarapan 
Kata "sarapan" dipakai leluhur kita karena bermakna mendasari atau melandasi. Sarapan memang penting untuk mendasari kegiatan kita setiap hari, setelah kita berpuasa dalam tidur.
Namun, fakta yang sangat memprihatinkan, ternyata sebagian masyarakat Indonesia masih menganggap remeh sarapan di pagi hari. Tak jarang kita meninggalkan sarapan atau makan ala kadarnya dengan alasan terburu-buru. Padahal, mengabaikan sarapan sama artinya dengan mengundang risiko, antara lain, kemampuan memori otak menurun, sakit maag, serta hypoglikemia (kadar gula darah turun) yang menyebabkan tubuh lemah, berkeringat dingin, bahkan pingsan.

Manfaat Sarapan
Hasil-hasil penelitian yang sudah dipublikasikan menunjukkan beberapa kesimpulan penting. Pertama, sarapan berdampak besar terhadap kesehatan dan produktivitas kerja. Sarapan menyumbang 25% - 50% kebutuhan energi dan zat gizi harian.
Kedua, sarapan mencukuppi kebutuhan glukosa yang diperlukan bagi perkembangan otak dan proses penyimpangan informasi, meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar dan kemampuan fisik.
Ketiga, sarapan tidak menyebabkan kegemukan karena langsung diolah menjadi energi, tidak sempat ditimbun dalam bentuk lemak. Bahkan remaja yang terbiasa sarapan lebih mampu mengendalikan nafsu makannya di malam hari, sehingga mengurangi resiko sarapan kegemukan.
Jadi kalau ingin anak-anak berkembang optimal fisik maupun kecerdasannya, serta mampu berprestasi, kita harus mau meluangkan waktu untuk meyiapkan sarapan dengan baik.

Sarapan yang Bergizi
Mengingat begitu pentingnya sarapan, sebaiknya semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi, yaitu, karbonhidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Menu sarapan yang ideal tentu saja 4 sehat 5 sempurna. Namun tidak berarti kita harus selalu menyajikan makanan lengkap dan berat setiap pagi. Bisa dimaklumi, di tengah gaya hidup modern saat ini orang cenderung mencari yang instan dan praktis. Gampang disajikan, cepat disantap, namun tercukupi kebutuhan gizinya.
Susu adalah sumber nutrisi yang praktis dan padat gizi. Namun karena kalori susu tidak mencapai 25% kebutuhan per hari, sebaliknya dikombinasikan dengan roti, biskuit, atau sereal yang menjadi sumber kalori. Kombinasi sereal dengan susu, kini merupakan menu sarapan yang semakin populer bagi anak-anak. Untuk menambah vitamin dapat dilengkapi dengan jus buah.

Sarapan praktis 4 sehat 5 sempurna
Saat ini, sereal instan dalam kemasan praktis sudah banyak beredar di pasaram. Salah satu sereal instan bernutrisi lengkap adalah Energen yang sudah mengandung susu, telur, dan berbagai vitamin. Energen yang berbahan dasar gandum, oat, jagung dan malt juga merupakan sumber karbonhidrat dan serat yang baik. Energen memiliki 3 variasi rasa, yaitu cokelat, vanila dan kacang hijau. Minum secangkir Energen cukup memenuhi kebutuhan anak-anak akan protein, vitamin dan mineral di pagi hari. Penyajiannya mudah, tinggal seduh air hangat, aduk rata, sarapan praktis yang bernutrisi 4 sehat 5 sempurna pun siap disantap dalam waktu singkat.
1. Sumber Protein Nabati;
2. Sumber Vitamin;
3. Sumber Protein Hewani;
4. Sumber Karbonhidrat;
5. Sumber Kalsium, Lemak, dan Protein.

1 komentar:

  1. waw artikel yang sangat menarik dan bermanfaat .saya senang membaca artikel anda karena selain artikelnya yang menarik tampilan halamannya juga bagus .Ditunggu postingan berikutnya yaa .... salam yaa

    BalasHapus